Perbandingan Ms Office dan Open Office

Perbandingan Windows dan Linux (dua sistem operasi komputer) telah menjadi topik sebagai bahan diskusi diantara para pengguna. Windows merupakan sistem operasi yang banyak dikenal orang dan merupakan software legal (memiliki license), sedangkan Linux merupakan sistem operasi yang bisa didapatkan secara bebas (tanpa license). Dua sistem operasi ini bersaing untuk penggunaan personal computer market sebagai server market, dan digunakan pada kantor pemerintahan, sekolah, kantor, rumah, intranet dan internet servers [1].
 1.JPG


Standard Linux Solution vs. Microsoft Solution [2]
Perbedaan antara Windows dan Linux dari keuntungan yang bisa didapat pada:
Hardware dan infrastruktur yang telah digunakan sampai saat iniPembelian hardware dan infrastruktur baru
2.JPG

Bila dilihat dari table, didapatkan kesimpulan bahwa Microsoft memiliki keuntungan lebih banyak daripada Linux Standar
d. Dimana Microsoft mendapatkan keuntungan sebesar 36% sedangkan Linux sebesar 26%
Perbedaan antara Windows dan Linux dari keuntungan yang bisa didapat pada perbendiangan harga produk.
Bisa disimpulkan bahwa apabila kita menginginkan produk OpenOffice dari Linux, maka kita bisa mendapatkannya secara gratis. Sedangkan bila kita menginginkan produk Microsoft Office
 Standard, maka kita perlu mengeluarkan biaya sebesar $399,00.
Daftar Hardware, Software dan Biaya Operasional

4.JPG
Pada daftar hardware antara Windows dan Linux (standard), tidak ada perbedaan biaya. Sedangkan untuk software, Windows membutuhkan biaya yang lebih besar bila dibandingkan dengan Linux (standard).
Pada biaya operasional, Linux (standard), beberapa bagian diperlukan biaya yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan Windows. Diantaranya: Gaji staff, biaya konsultan.
Penggunaan Microsoft Word dan OpenOffice.org Writer memiliki perbedaan, diantaranya [3]:


6.JPG


Kesimpulan [4]:
Hampir sebagian software Linux bisa konsumen dapatkan secara bebas di internet. Hal ini dilakukan karena kemampuan daya beli konsumen masih kurang. Bisa dilihat bahwa bila konsumen menginginkan software Windows, maka konsumen diharuskan membayar software yang dibutuhkan tersebut. Tetapi di sisi lain, konsumen lebih familiar menggunakan Windows daripada Linux. Alasan inilah mengapa Windows masih dapat mempertahankan pangsa pasar yang dimiliki.
5.JPG


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar